Posisi Tidur

Pernah gak sih baru bangun tidur yang ada malah kepala terasa pusing? Huakaka… tadinya istirahat dengan tidur biar badan terasa fresh, tapi koq yang ada kepala pusing??

Hehe,, menurut suatu sumber (denger dari sejenis seminar kesehatan gt), posisi tidur dan kondisi bantal mempengaruhi metabolisme tubuh.
Pertama, soal bantal.. sebaiknya gak boleh pake bantal yang terlalu tinggi, ataupun kerendahan.. harusnya pas/sejajar ama letak leher saat tidur.. bantal tuh sebagai penyangga leher biar aliran darah ke kepala/ otak tetap lancar saat tidur.. apalagi kalo ketinggian, bisa2 aliran darah kehambat (gak lancar) dan efeknya saat bangun bukannya badan yang fresh yang dirasakan , tapi kepala pusing , badan pegel-pegel.. Ini disebabkan darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otak kurang lancar peredarannya.
Bisa dibanyangkan jika sel-sel dalam otak kekurangan nutrisi dan oksigen, bisa-bisa sel-sel tersebut mati.

Kedua tentang posisi tidur , sebaiknya :

1. Jangan terlalu sering dan kelamaan kalo serong kiri. Hal ini dapat mengganggu kinerja jantung, sebab posisi jantung yang letaknya lebih ke kiri.

2. Jangan biasakan tidur telengkup , huhu.. gw sering nih, tanpa sadar langsung rebah dalam posisi telengkup, apalagi kalo lagi kecapean, atau lagi pengen tidur bentar aja.. eh nyatanya mpe pagi, hehe :p
Oy,tidur telengkup gak baik karena bisa membuat jantung lebih lelah dalam memompa darah,alias bekerja ekstra.
Mungkin gara2 tekanan akibat telengkup, yah di mana-mana juga kalo ada tekanan yang ada malah kerja ekstra.. gak heran di beberapa orang justru kondisi terdesak malah lebih produktif, kayak progress tubes yang kalah jauh kalo baru2 dirilis dibanding ama mendekati deadline, hehe :p

3. Bahaya tidur TELENTANG,… bisa menyebabkan kematian.

Weks…lho2 , jadi tidur nya gimana donk ? Yah, kalo tidur kan tinggal tutup mata, wkwkwkwk…
Ya iyalah, tidur TELENTANG sama bahaya nya ama TELENBAUT, TELENPAKU, hehe :p
[jahil mode : on]
Just kidding..,habis bahasannya ‘mendekati’ serius,haha, sekalian meneruskan apa yang pernah di-bilang ama rnes dan beberapa waktu yang lalu ngebaca humor ttg ini juga,hehe.
[/jahil mode : off]

Huahua..yang penting tuh, jangan anggap sepele ama waktu istirahat di malam hari. Tuhan memberi siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat (tapi jangan kebanyakan). Metabolisme tubuh, dalam mengganti sel-sel tubuh yang rusak hanya bisa maksimal dilakukan pada tidur malam, sebab hormon melatonin (bener ga ya???) yang mengurusi urusan tadi itu hanya diproduksi saat tidur malam.

Mungkin ada kondisi2 tertentu yang gk bisa dipungkiri untuk harus bergadang (apalagi kalo bukan deadline + musim uts )..mungkin ditemen-in ama kopi.. Ehm, rasa-rasa nya masih baik2 aja.
Jangan sepele , menguak fakta lagi ‘kopi gak baik buat kesehatan jantung’. Mungkin sekarang belum kerasa efeknya, tapi hari tua sapa tau???

Tambahan lagi, kopi juga memicu ‘kepikun-an’ alias cepat lupa…apa ngaruh kali ya gw yang tiba2 keserang penyakit ini?

— mel ,sembari mengingatkan diri sendiri, yang sering lupa kalo tubuh ini bukanlah mesin yang bisa dengan terus2an bekerja, tubuh ini terdiri dari jutaan sel-sel hidup yang butuh nutrisi dan istirahat–

9 thoughts on “Posisi Tidur

  1. sial g ketipu… g kira postannya cm ampe tidur telentang bisa menimbulkan kematian. pas baca yang tengkurep, g mikir “wah mami g mesti dikasih tau nih, untung g tidur telentang menghadap ke TV yang ada di kanan letaknya… ternyata ada bagian tidur telentang menyebabkan kematian….” Cepet2 nanya mel posisi tidur yang baik, ternyata masih ada terusan postannya yang soal Telen Tang, Telen Baut, Telen Paku itu. cape deeeeeeehhhh….

    tidur kelamaan buang2 waktu, apalagi klo tidurnya jam setengah 5 sore ampe jam 6 pagi… cem keboooooooo….

  2. @ petra : fiuhhh… kalo di tengah jalan kosan kamar kayaknya gak deh..
    @ nanto : gyahahahaa.. ka nanto tidurnya kayak patung donk, jarang gerak2…hahaha,,, baru tau 😀

  3. akh, kayanya klo tidur saya g merasaka apa-apa deh…
    Nap ya? *polos.om*
    Saya juga ngga tau posisi tidur saya kaya gimana, mosok orang tidur bisa tau posisi tidurnya…??? ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s