Makna Ketiadaan

Seminggu belakangan ini, mentari di Kota Kembang–kota tempatku mencari segudang ilmu ‘tuk bekal masa depan–memberi kami sinar-sinarnya dengan melimpah ruah.  Sedari pagi hingga senja, tiada lelah ia menyinari bumiku. Awan-awan pun tak kuasa membendung sengat  sinarnya. Cukup berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya yang  tiada hari tanpa hujan. Kegerahan pun membuatku mendambakan hujan yang senantiasa memberi kesejukan.  Ya, terkadang memang diperlukan hangatnya  mentari untuk menyadari sejuknya hujan. Begitu pula sebaliknya, diperlukan sejuknya hujan untuk menyadari hangatnya mentari.

Makna keberadaan sesuatu memang baru terasa ketika sesuatu itu tiada. Layaknya sengat panas mentari — ketiadaan hujan, demikian pula halnya dengan sakit — ketiadaan sehat.  Jatuh sakit selama beberapa hari cukup menyadarkanku akan berharganya kesehatan.  Aku telah menyepelekan batu kecil yang berada di sekitar langkah kakiku.  ” Tenang saja, batu kecil itu tak akan membuatku sampai tersandung dan terjatuh “, pikirku.  Merenungkan kembali  akan hal ini membuatku kembali tertegur. Betapa sombongnya aku saat itu.  Benarlah apa yang dikatakan orang bijak, justru batu  kecil-lah yang sering membuat orang tersandung dan terjatuh, bukan batu besar.

Lewat peristiwa ini aku  jera telah mengabaikan jam-jam makanku. Abai, si batu kecil yang ternyata membuatku jatuh sakit selama beberapa hari, meniadakan nafsu makanku sampai ke titik nol, dan membuatku tak berdaya menyelesaikan pekerjaanku.

Sayangilah dirimu dengan memberinya makan yang baik pada waktunya. Semoga lantunan nasehat ini ‘kan terus berkumandang  hari-hari ke depan sembari mengucapkan salam perpisahan kepada pengabaian — ketiadaan perhatian.

—–

Terimakasih seribu buat kakak2, abang2, teman2, adek2 atas perhatian, dan doanya😉

Kita sama-sama jaga kesehatan yaaa, hehe😀

One thought on “Makna Ketiadaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s