Terbiasa

Saya setuju dengan apa yang dikatakan Charles C. Noble kepada dunia: “First we make our habits, then our habits make us.” Dulu saya tidak biasa memasak bekal makan siang sebelum pergi ke kantor, setelah dibiasakan malah aneh rasanya bila tidak memasak, hehe. Plus-nya saya bebas mengekspresikan diri mengenai masakan dan porsi makan siang saya😀

Dulu (tarik mundur dari dua bulan lalu) saya tidak terlalu perhitungan mengenai keuangan, namun karena satu peristiwa yang tidak bisa saya ceritakan di sini, skarang rasanya sudah seperti emak-emak yang sangat memperhatikan keuangan saat berbelanja😛 dan karena peristiwa itu pula saya sangat bersyukur atas segala sesuatunya. Belajar hal yang sangat berharga. Hanya bisa berkata, trimakasih Tuhan diberi kesempatan merasakan dan melalui itu semua😀

Dulu ini skarang begini, dulu ini skarang begini. Macam-macam!😀

Dan timbul pertanyaan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat suatu kebiasaan? Macam-macam, haha. Saya butuh waktu dua minggu untuk terbiasa memasak, butuh dua bulan untuk jadi emak-emak dalam hal mengurusi keuangan😛, butuh waktu dan peristiwa x dan y untuk membuat lutut saya kemudian terbiasa bertelut berdoa untuk keluarga, orang-orang dekat bahkan yang tidak saya kenal, butuh pengorbanan tidak melakukan ini itu di malam hari supaya saya terbiasa menyelesaikan buku-buku. Butuh niat dan waktu-yang-tersedia agar terbiasa memperhatikan keluarga, teman, rekan, orang-orang skitar.

Yang masih menjadi calon kebiasaan saya, sepertinya butuh perjuangan untuk membuatnya menjadi kebiasaan adalah olahraga pagi/mingguan. Jalan pagi atau renang rutin. Terlalu banyak hal memang yang bisa dijadikan alasan, weks😐 Tapi sebenarnya kalau menganggap sesuatu itu penting untuk menjadikan bagian dari hidup kita, sebenarnya tiada alasan ataupun excuse, kan ya?😀

First we make our habits, then our habits make us. What yours?

*tambahan: berlaku pula untuk kebiasaan yang negatif*

Leave a Reply

