Ya dan Bukan Terang

Bersinar Teraaaaaaang (*frekuensi huruf menunjukkan lama pengucapan dan intonasi penekanan😛 ) adalah jargon KNM 2010 yang tampaknya sudah mendarah daging sejak awal tahun lalu. Rapat demi rapat, danus demi danus, PD demi PD, hingga akhirnya jargon ini pun menyebar di seluruh indonesia😉

Namun, kali ini bukan berbicara tentang KNM, saya ingin berbagi mengenai suatu hal saat PD Rabu kemarin. Temanya adalah bangkit menjadi terang. Temanya mirip ama tema KNM, ayo yang ikut masih pada ingat, tak?😛

Dalam waktu yang terbatas, ada tiga hal yang saya catat (suatu kebiasaan yang saya lakukan untuk tetap bisa menikmati tulisan tangan dan sebagai pengingat saya bila si otak sudah kesulitan untuk mengingatnya, hehe)

Pertama: Terang itu bukan untuk disembunyikan. Tidak ada yang menyalakan pelita dan meletakkannya di bawah gantang, melainkan di kaki dian supaya menerangi ruangan. Terang itu diuji di kaki dian, apakah dia benar-benar terang.
Saat menuliskan ini terlintas pertanyaan berikut di benak saya, apakah kata ‘terang-terangan‘ itu berasal dari pemikiran ini😛 (*terang-terangan = tidak ada yang disembunyikan)

Kedua: Bila demikian adanya bukankah berbeda dengan doa/puasa/memberi yang justru diajarkan agar tidak gembar-gembor, cukup Tuhan yang tahu dan menilai? Terang berbeda halnya karena terang bukanlah berbicara mengenai prestasi tetapi mengenai karakter. Bila terang adalah prestasi, hal ini dapat membawa kita kepada kesombongan yang mana adalah bertentangan dengan karakter Kristus😀

Ketiga: Kegelapan akan selalu mengambil mengambil mengambil dari sekitarnya, tetapi terang akan selalu memberi memberi memberi untuk sekitarnya.
Inilah salah satu beda Draculla (sosok gelap) dengan Yesus (sosok terang). Draculla mencurahkan darah sekitarnya agar dia bisa hidup, tetapi Yesus mencurahkan darahNya agar orang lain memperoleh hidup.

Teraaaaaaaaaaaang B-)
(*jargon seumur hidup, yuk belajar setia menjadi terang buat sekitar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s