Pereda Rasa Sakit

Pandangan beralih seperti bayang-bayang. Mata terasa berat untuk tetap menunjukkan bolanya. Hoaaammm, ngantuk nikok. Ruangan kantor tiba-tiba saja seperti tidak berkuasa atas rasa kantuk yang melanda.

Baru saja beberapa menit mengkonsumsi ponstan, salah satu obat pereda rasa sakit, ada dua rasa bin ajain yang saya rasakan. Pertama adalah rasa kantuk luar biasa. Asumsi saya adalah si obat ini menyebabkan saraf tidak sadar menguat diikuti melemahnya saraf sadar. Alhasil pikiran hanya memikirkan kasur dan begitu nikmatnya bila bisa tidur, haha😀 Percayalah tidur itu tiada duanya bila sangat ngantuk😛

Rasa kedua yang saya terkagum dan untuk itulah si obat ini dibuat adalah bener adanya sebutan pereda rasa sakit atau istilah inggrisnya pain killer. Dari dua hari yang lalu, gusi kiri belakang saya bengkak. Sakit skali rasanya untuk berbicara dan makan normal apalagi setelah lama tidak membuka mulut. Usai makan siang tadi, saya pun menyerah dan minum obat pereda rasa sakit.

Seperti biasa (saya termasuk orang yang mau tahu😛 ) rasa ingin tahu bagaimana sebenarnya si obat pereda rasa sakit bekerja pun kemudian membawa saya kepada Mbah Google. Penjelasannya kira-kira sebagai berikut:

Asam mefenamat yang terkandung di dalam ponstan menghambat aksi dari apa yang disebut oleh orang kimia sebagai COX (cyclo-oxygenase) atau bahasa populernya prostaglandins. Adapun prostaglandins ini dihasilkan oleh tubuh kita sebagai respon atas luka / penyakit / kondisi tertentu yang sehingga menyebabkan tubuh kita mengalami rasa sakit, radang ataupun bengkak. Nah dengan adanya si asam mefenamat ini, produksi prostaglandins pun terhalang, sehingga sangat efektif mengurangi radang/bengkak/rasa sakit.

Wow, hebat ya. Beneran loh rasa sakitnya hilang. Kini saya dapat makan normal dan tersenyum lebar, haha😀

*Trimakasih buanyaak bang dokter tommy atas resepnya dan lukman yang bersedia membelikan obat di kala saya tak berdaya (lebaiii)*

Leave a Reply

