Soli Deo Gloria

Di sekolah di panggil Paulus, di rumah di panggil Denggan. Yup, ‘denggan‘ berarti ‘baik‘ dalam Bahasa Batak. Nama lengkapnya Paulus Ari Na Denggan yang secara harafiah berarti Paulus Hari Yang Baik. Denggan (ikutan nyebut ini supaya lebih akrab😛 ) masih duduk di kelas 2 sekolah dasar namun saia kagum akan anak ini dan keluarga yang mendidiknya. Denggan anak yang cerdas dan berpengetahuan luas. Jaman sekarang sudah jarang rasanya menemukan anak kecil yang (sangat) senang baca–yang kemudian saia yakini adalah hasil didikan keluarga. Hasil tabungannya digunakan untuk beli buku, bukan yang lain. Wow🙂  Tak hanya dibekali buku, pengetahuan, Denggan juga dibekali Firman Tuhan sedari kecil😉. Ia hapal beberapa Firman dan pengakuan iman percaya.  Wow!

Denggan tinggal dengan Ompung (nenek) dan Kakeknya yang sengaja meminta anak ini untuk mengisi rumah mereka yang sepi. Hal yang wajar ketika smua anaknya sudah menikah dan membentuk keluarga sendiri. “Sampai kelas 6 di sini“, ujar Denggan dengan wajah sumringah.

Ibu C (inisial) dan Pak O (inisial) adalah pasangan suami istri yang terpanggil untuk tinggal di suatu desa.  Usai menikahkan seluruh anaknya, mereka bertekad untuk tidak tinggal di Ibu Kota dan pindah ke suatu desa antara Solo (asal Pak O) atau Sumut (asal Bu C), namun anak-anak mereka tidak mengizinkan. “Terlalu jauh. Hanya boleh sekitaran 1-2 jam perjalanan dari Jakarta“, demikian ujar anak mereka. Dan Bu C yang percaya tidak ada yang kebetulan pun akhirnya menetap di Desa CR (inisial).

Kami milih tinggal di desa untuk memperhatikan sesama, orang-orang desa yang masih perlu perhatian dan kasih.” ujar Bu C. Tak pernah terpikirkan oleh saia sebelumnya ternyata ada orang yang begini, hehe😀 Benar adanya terpancar kasih dari mereka yang terlebih dahulu merasakan kasih yang dari Tuhan.

Bersyukur bisa ngobrol banyak hal dengan Pak O dan Bu C yang memancarkan kesederhanaan, kepedulian dan keteguhan iman di masa tua mereka. Trimakasih Pak, Bu, Kak, Denggan atas obrolan, jamuan makan siang nan maknyuus dan telah mengingatkan kembali untuk tetap konsisten baca buku! Hehe.. Senyum hangat pun menghiasi perpisahan sementara kami. Saia dan teman-teman alumni akan datang lagi dengan sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya.

Soli Deo Gloria!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s