Telinga Berdengung

Sudah sebulanan ini telinga kiri saya gak bisa mendengar. Andalan satu-satu nya adalah telinga kanan. Untung juga ya kita manusia diberi dua telinga,  haha… Gak kebayang deh kalau saya harus pakai bahasa isyarat ke orang-orang. Blum diketahui pasti penyebabnya apa, kemungkinan efek tekanan udara di pesawat. Karena ngerasa mudeng, saya coba ngebersihin dengan cutton bud. Tidak ada perubahan. Karena saya orangnya menganut paham optimisme ntar juga bakal sembuh sendiri, akhirnya saya biarkan dan hidup berjalan seperti biasanya. Jalan2, snorkling, dan les diving menghiraukan si telinga kiri. Sampai pd suatu hari, masalah pribadi, stress di kerjaan, nyoba ngebersihin pake cutton bud, dll nya berbaur jd satu, telinga kiri mulai berdengung.

Gawaaat!!! Saya mulai parno dan googling ini itu, badan mulai sering meriang. Saya tahu meriang adalah salah satu respon tubuh terhadap sesuatu. Tetapi sesuatu itu bisa macem2. Dugaan terkuat saya karna stress. Akhirnya karena dengungan makin melengking dan keseimbangan tubuh adanya di telinga, maka saya putuskan pergi ke THT.

Tiba di RS, pak dokter memperlihatkan bahwasanya telinga saya kotor, kemudian dibersihkan. Yang kanan normal, yang kiri ada radang (semacam luka ringan) agak basah (mungkin air terperangkap di dalam, nanti akan kering sendiri krna penguapan). Lewat konsultasi dgn pak dokternya, saya akhirnya tahu bahwa meriang belangan ini disebabkan oleh radang telinga kiri. Saya pun diberi obat antibiotik dan pemulih radang. Saran pak dokter, jangan bersihin kuping pakai cutton bud karena malah mendorong kotoran masuk ke dalam. Periksa ke THT normal nya 6 bln atau 12 bln skali.

Lega rasanya penyebab si sumbatan dan dengungan telinga sudah diketahui, tinggal menunggu masa pemulihan🙂

Leave a Reply

