Sistem Penanggalan

Saya kurang tahu bagaimana bisa manusia menemukan sistem penanggalan / kalender, entah berdasarkan perputaran bulan mengelilingi bumi maupun perputaran bumi mengelilingi matahari. Yang ingin saya sampaikan adalah sistem penanggalan ini adalah sesuatu yang sangat bagus! Bayangkan saja bagaimana jadinya bila kita tidak mengenal yang namanya Januari, Desember, tahun 20013, tahun 20014, tidak ada yang namanya peringatan /perayaan akan sesuatu, perayaan ulang tahun, perayaan Natal, perayaan tahun baru, dll.

Bila tidak ada perayaan, sesuatu menjadi seperti lewat saja. Misalnya seperti ini, saya membayangkan bila ulangtahun tidak pernah ada, maka saya tidak akan pernah dapat kado  memaknai apa artinya bertambah satu tahun. Bila peringatan suatu hari seperti Hari Ibu, Hari Natal, dll tidak pernah ada, maka diperingatinya suatu hari bersejarah bergantung kepada masing-masing orang, tanpa ada kesepakatan universal dan tidak menutup kemungkinan akan hilang di generasi-generasi selanjutnya.

Bagi saya pribadi, peringatan / perayaan adalah momen yang baik untuk kembali mengingat sesuatu dan sikap di masa depan thdp sesuatu tsb😀

*tiba-tiba kagum ama sistem penanggalan*

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s