The Five Love Languages (Lima Bahasa Kasih)

Awal bulan lalu saya selesai membaca suatu buku yang menurut saya pribadi, sangat bagus. Sebenarnya topik yang diulas adalah mengenai hal-hal yang dirasakan tiap hari, yang dicari tiap hari dan bahkan yang kerap menjadi konflik tiap hari :p , KASIH. Lewat buku ini saya menjadi cukup mengerti akan 2 hal penting, yang pertama bahwa pada dasarnya kita bisa saja mempunyai bahasa kasih utama (primary language) yang berbeda dengan orang lain, dan yang kedua adalah orang akan merasa dikasihi ketika tangki kasih mereka diisi atau sedang penuh.

Gary Chapman, penulis buku ini mengkategorikan bahasa kasih itu menjadi 5:

  1. Word of Affirmation.
    Orang ini akan merasa dicintai apabila diberi ucapan afirmasi: pujian, motivasi dan berlaku sebaliknya akan merasa tidak dicintai apabila diberi kata-kata yang menyakitkan, merendahkan, dll.
  2. Quality Time
    Orang ini akan merasa dicintai apabila diberi perhatian yang tak terbagi dengan kegiatan lain (undivided attention). Orang ini akan senang melakukan hal-hal bersama pasangannya, ingin didengarkan, ngobrol, dll.
  3. Act of Services
    Orang ini akan merasa dicintai apabila diberi bantuan yang meskipun kelihatannya sepele, seperti membantu mengangkat ini itu, membantu membayarkan tagihan sesuatu, mengantar, menyiapkan makanan, mengepel, dll.
  4. Receiving Gifts
    Orang ini akan merasa dicintai apabila diberi hadiah. Menjadi catatan penting, hadiah tak harus yang mahal atau yang membutuhkan uang. Ada hadiah yang bisa dibuat sendiri.
  5. Physical Touch
    Orang ini akan merasa dicintai apabila bersentuhan fisik, genggaman tangan, elusan, pelukan, dll..

Bisa dibayangkan bagaimana bila anda dan pasangan berbicara dengan bahasa yang berbeda. Ketidaktahuan akan bahasa itu dapat berpotensi akan konflik yang sebenarnya bisa dihindari. Buku ini sangat direkomendasikan untuk Anda semua. Bila kita cukup mengasihi pasangan kita, anak kita, teman kita, pacar kita tentu saja kita mau belajar dan berbicara dengan bahasa kasih mereka bukan?🙂

PS:
Untuk mengetahui bahasa kasih Anda, bisa tes di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s